Jumat, 10 Februari 2012

tugas fistum gue

yang kita tau, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/suyitno-aloysius-drs-ms/osmosis-dan-penyerapan-zat-pada-tumbuhan.pdf
tentang difusi-osmosis padatumbuhan

permasalah 2

hutan di anggap sebagai paru2 bumi, sehingga keberadaan hutan selalu di pertahankan. karena hutan yang baik dan asri alami akan lebih baik peranya dalam tugasnya sebagai paru2 bumi yang sehat, di bandingkan hutan yang sudah rusak dan gersang. hutan juga berfungsi sebagai pengatur suhu lingkungan melalui [proses transpirasinya.
hal ini berhubungan langsung dengan hubungan tumbuhan dan air.


permasalahan 3

pada suatu percobaan menggunakan 2 tabung yaitu tabung A dan B. kedua tabung di pisahkan dan di batasi oleh kran, dan masing2 tabung diisi dengan empat macam konsentrasi yang berbeda. tabung A(O2=0,25PPM, H2=1,5ppm, N2=170ppm & CO2=3,5ppm) dan tabung B (O2=0,05ppm, H215ppm, N2=0 & CO2=35ppm)
maka hal yang akan terjadi jika kran tersbut di buka, maka akan terjadi proses difusi sehingga pada gas yang berkonsentrasi tinggi akan bergerak ke dalam gas yang memiliki konsentrasi yang lbih rendah dan akan berhenti setelah keadaan konsentrasi kedua tabung akan seimbang dan setara satu sama lainya.
1. pada tabung A gas yang bersifat hipertonis adalah O2 dan N2 dan yang bersifat hipotonis adalah H2 dan CO2. sedangkan yang terjadi hipertonis dan hipotonis pada tabung B adalah kebalikan dari tabung A. karena konsentrasi gas yang lebih tinggi yang terjadi pada tabung A selalu lebih rendah di tabung B, begitu pula sebaliknya.
2. Difusi yaitu perpindahan molekul atau ion dari daerah berkonsentrasi tinggi kedaerah berkonsentrasi rendah. jadi gas yang mengalami difusi dari tabung A ke tabung B adalah O2 dan N2. karena kedua konsentrasi gas tersebut lebih tinngi di bandingkan yang ada pada tabung B. sehingga konsentrasi O2=0,25 akan bergerak ke tabung B yang memiliki konsentrasi O2=0,05. begitu pula pada gas N2
3. sedangkan gas yang akan berdifusi dari tabung B ketabung A adalah H2=15ppm dan CO2=35ppm akan bergerak dan berdifusi ke tabung A yang memiliki konsentrasi H2=1,5ppm dan CO2=3,5ppm hingga konsentrasi kedua tabung tersebut samayaitu hingga konsentrasi H2=8,25 dan CO=19,25ppm
4.konsentrasi gas pada kedua tabung setelah mengalami difusi adalah O2=0,15ppm,
H2=8,25ppm
N2=85ppm
CO2=19,25ppm

5. tidak, karena pada proses difusi gas hanya bisa terjadi bila terjadi perbedaan konsentrasi ion atau molekul gas yang terkandung. jadi jika tidak ada perbedaan konsentrasi, maka tidak akan terjadi perpindahan.


permasalah 4
seorang siswa melakukan percobaan dengan tabung u yang pada tengahnya diberi sekat semi permiabel, sehingga terbagi menjadi dua bagian, yaitu A & B. pada A diisi dengan larutan sukrosa 0,25 % dan yang B di isi dengan larutan sukrosa 0,5% dengan volume yang sama.
maka yang akan terjadi pada larutan tersebut adalah mengalami proses osmosis,Osmosis adalah perpindahan air dari larutan berkonsentrasi rendah kelarutan berkonsentrasi tinggi melalui selaput semipermiabel,Osmosis adalah perpindahan air dari larutan berkonsentrasi rendah
kelarutan berkonsentrasi tinggi melalui selaput semipermiabel. sehinngga larutan H20 akan bergerak dari tabung A ke tabung B. karena konsentrasi H2O pada tabung lebih rendah. dan mengakibatkan permukaan larutan pada tabung A lebih rendah di bandingkan tabung B. dan jumlah konsentrasi akhirnya pada tabung A & B menjadi sama.
1.pada larutan tersebut yang di sebut zat terlarut adalah sukrosa dan zat pelarutnya adalah H2O atau air.
2. larutan yang memiliki konsentrasi lebih tiinggi adalah H2O pada tabung A dan tabung B , karena pada konsentrasi air pada tabung A dan B mencapai 99,75% dan 99,5%.dan . dan sisanya adaalah sukrosa.
3. larutan A yang memiliki kadar air lebih tinggi karena bsa kita ktahui melalui konsentrasi larutan sukrosa 0,25% yang menunjukkan bahwa 99,75% adalah kadar airnya. sedangkan yang lebih rendah kadar airnya yaitu pada tabung B yaitu hanya 99,5%saja.
4.hipotonik= larutan B.
karena kadar air lebih rendah di bandingkan larutan A.
hipertonik= larutan A.

5, terjadi difusi pula pada air(H2O) yang berperan sebagai pelarut. arah difusinya adalah dari larutan A ke B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar